:

PERAN PENTING JURNALISTIK DALAM MEMPERTAHANKAN DEMOKRASI

top-news
https://birumerdeka.com/public/frontend/img/post-add/add.jpg

Pada era informasi yang semakin majuini, jurnalistik memegang peran yang sangat penting dalam mempertahankan demokrasi yang kuat. Jurnalistik berfungsi sebagai penjaga kebebasan berbicara, penyebar informasi yang akurat, dan pengawas kekuasaan.

Pertama, jurnalistik berperan sebagai penjaga kebebasan berbicara dan pers. Jurnalis memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan informasi akurat, objektif, dan terpercaya kepada masyarakat. Mereka menjalankan tugas mereka dengan independen, tanpa campur tangan dari pihak-pihak yang berkepentingan. Kebebasan berbicara dan pers yang di jaga dengan baik adalah landasan untuk membangun masyarakat yang demokratis.

Selain itu, jurnalistik juga berfungsi sebagai penyebar inforasi yang akurat. Jurnalis melakukan penyelidikan, wawancara, dan mengumpulkan data untuk memberikan laporan yang berdasarkan fakta kepada masyarakat.

Jurnalistik juga berperan sebagai pengawas kekuasaan. Jurnalis bertindak sebagai penjaga yang mengawasi pemerintah dan individu yang memiliki kekuasaan. Mereka membongkar korupsi, penyalahgunan kekuasaan, dan Hak Asasi Manusia.

Namun, jurnalistik juga menghadapi tantangan dalam era digital ini. Penyebaran berita palsu, tekanan politik, dan krisis keuangan mengancam kebebasan dan integritas jurnalis. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mendukung jurnalistik yang independen, menghargai kebebasan berbicara, dan memerangi penyebaran berita palsu.

Dalam masyarakat yang demokratis, jurnalistik berperan sebagai pilar yang kuat. Jurnalis berjuang untuk kebenaran, memerangi ketidakadilan, dan melayani kepentingan publik. Dengan menjaga kebebasan berbicara, menyebarkan informasi yang akurat, dan mengawasi kekuasaan, jurnalistik membantu membangun masyarakat yang berpartisipasi, terinformasi, dan bertanggung jawab.

Kita semua memiliki peran dalam memastikan keberlanjutan jurnalistik yang independen dan membangun masyarakat yang demokratis.

Oleh: Ina Nurmawati

https://birumerdeka.com/public/frontend/img/post-add/add.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *