:

Potensi Gangguan Mental (Depresi) Di Kalangan Mahasiswa: Tantangan Baru Dunia Pendidikan

top-news
https://birumerdeka.com/public/frontend/img/post-add/add.jpg

Birumerdeka.com- Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang dapat mempengaruhi perasaan, pola pikir, dan perilaku seseorang, terutama ketika hasil yang tidak sesuai dengan harapan. Menurut Ridwan, gejala depresi umumnya meliputi perasaan sedih dan kehilangan minat terhadap aktivitas sehari-hari. Depresi dapat berlangsung lama dan berulang, mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Ridwan, S.Psi., M.Psi., Psikolog, mengungkapkan mengungkapkannya terkait potensi gangguan mental, terutama depresi, yang mungkin dialami oleh para mahasiswa/i. Jumlah pelajar yang mengalami depresi di Indonesia semakin meningkat, menimbulkan berkumpul di kalangan pelajar dan pemerintah. Berdasarkan laporan terbaru dari Kementerian Kesehatan, sebanyak 15% dari total populasi siswa di Indonesia dilaporkan mengalami gejala depresi yang memerlukan penanganan serius.

“Saya menekankan bahwa depresi dapat memburuk dan berlangsung lebih lama tanpa penanganan yang tepat,” kata Ketua Prodi PPG FTK UIN Jambi ini.

Ridwan menjelaskan bahwa terdapat beberapa jenis depresi, termasuk depresi psikologi tersebut memberikan beberapa ciri-ciri orang yang mungkin mengalami depresi, seperti kelelahan, kehilangan nafsu makan, kesulitan tidur atau tidur berlebihan, nyeri dan pusing tanpa alasan yang jelas, serta perubahan berat badan.

Untuk mengatasi depresi, Ridwan menyarankan perawatan mandiri, termasuk berolahraga secara teratur, menjaga pola tidur dan makan yang sehat, dan menghindari konsumsi alkohol atau obat-obatan. Penyebab depresi bisa bervariasi, termasuk faktor biologi, gangguan kimia otak, perubahan hormon, pengaruh genetik, peristiwa hidup yang sulit, serta kondisi medis atau penyakit kronis

Penanganan depresi memerlukan pendekatan yang holistik, meliputi terapi psikologis, obat-obatan, serta dukungan sosial dan lingkungan. Penting bagi masyarakat untuk lebih memahami dan menerima depresi sebagai kondisi medis yang bisa diobati, bukan sebagai kelemahan karakter. Kampanye kesadaran dan pendidikan tentang kesehatan mental sangat penting untuk mengurangi stigma dan mendorong orang yang mengalami depresi untuk mencari bantuan. (tirto.id) (KOMPAS.com).

Depresi adalah masalah kesehatan mental yang serius dan memerlukan perhatian semua pihak. Masyarakat perlu lebih terbuka dan mendukung orang yang mengalami depresi, sementara pemerintah dan lembaga kesehatan harus menyediakan akses yang lebih baik ke layanan kesehatan mental. Dengan demikian, diharapkan penderita depresi bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan untuk pulih dan menjalani kehidupan yang lebih baik.

 

Penulis : Dina rusiana

https://birumerdeka.com/public/frontend/img/post-add/add.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *