:
Breaking News

Fullday di Era Digital: Bagaimana teknologi berperan dalam meningkatkan pengalaman belajar.

top-news
https://birumerdeka.com/public/frontend/img/post-add/add.jpg

Teknologi telah menjadi pendorong utama transformasi dalam berbagai aspek kehidupan, mempercepat komunikasi global, inovasi, dan cara kita mengakses informasi. Kemajuan teknologi terus membentuk dunia kita, membuka peluang baru dan mengubah cara kita berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

 Pengintegrasian teknologi dalam pendidikan memberikan peluang untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, personal, dan relevan dengan tuntutan zaman. Dengan memanfaatkan alat digital dan platform pembelajaran daring, siswa dapat lebih mudah mengakses informasi, berkolaborasi, dan mengembangkan keterampilan abad ke-21. Teknologi dalam pendidikan juga memungkinkan guru untuk menyajikan materi pembelajaran dengan pendekatan yang lebih dinamis, menggunakan multimedia untuk meningkatkan pemahaman konsep dan memotivasi siswa. Inovasi ini tidak hanya memperluas akses ke sumber daya pembelajaran, tetapi juga merangsang kreativitas serta membentuk siswa sebagai pelajar yang mandiri dan terampil secara teknologi.

 Dalam era digital ini, implementasi sistem fullday dapat dilihat sebagai kesempatan untuk memanfaatkan teknologi guna memperkaya pengalaman belajar. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis, interaktif, dan relevan dengan tuntutan zaman.

Pertama, teknologi memberikan akses ke sumber daya pembelajaran yang lebih luas dan beragam. Dengan adanya internet, siswa dapat mengakses informasi terkini, video pembelajaran, dan sumber daya online lainnya yang dapat memperkaya pemahaman mereka tentang berbagai topik.platform pembelajaran daring dapat digunakan untuk mengkustomisasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kecepatan belajar masing-masing siswa. Ini membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan efektif.

Teknologi juga memungkinkan kolaborasi antarsiswa secara virtual, memperluas jangkauan interaksi sosial dan meningkatkan keterampilan kerjasama. Melalui platform pembelajaran online, siswa dapat berpartisipasi dalam proyek bersama, diskusi, dan pertukaran ide tanpa batasan geografis.Dengan demikian, dalam konteks fullday di era digital, teknologi bukan hanya alat pembelajaran, tetapi juga sarana untuk menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi, inklusif, dan relevan dengan perkembangan pesat di sekitar kita.

 Penting untuk mencatat bahwa pemanfaatan teknologi dalam fullday harus mencakup pelatihan dan dukungan yang memadai bagi para pendidik. Guru perlu memiliki keterampilan teknologi yang cukup untuk merancang pengalaman belajar yang menarik dan efektif menggunakan berbagai alat digital.

 

 Ditulis oleh: KMS Ilhan Nawawi, Mahasiswa Jurnalistik Islam, UIN STS Jambi

https://birumerdeka.com/public/frontend/img/post-add/add.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *